Pengembangan Media Tiga Dimensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

  • Enis Ana Wulandaningrum SDN Dandong 01 Srengat

Abstract

Permasalahan pendidikan di era modern ini salah satunya adalah ketakbermaknaan siswa dalam menerima pembelajaran, selain itu setiap individu juga dituntut untuk selalu siap menghadapi tantangan global. Saat ini dalam dunia pendidikan, siswa sangat lemah dalam hal mengetahui penemuan suatu konsep. Salah satu penyebabnya adalah belum adanya media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menemukan suatu konsep. Media yang diharapkan peneliti adalah media yang dapat membantu siswa dalam menemukan suatu konsep baru bagi siswa. Tentu media yang dimaksud berbeda dengan yang telah ada, karakteristik media dalam pengembangan ini adalah media berbasis pembelajaran kontekstual. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media tiga dimensi mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran kontekstual untuk siswa kelas VI sekolah dasar dan sekaligus mengetahui pengaruh penggunaan produk yang dihasilkan tersebut terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan konsep debit. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Hasil penelitian ini, yaitu (1) produk berupa media tiga dimensi memperoleh rata – rata persentase kelayakan 85,53%; (2) RPP penerapan media tiga dimensi yang memperoleh rata – rata persentase kelayakan 87,08%; (3) Soal post test memperoleh rata – rata persentase 86,06%; (4) nilai rata-rata post test kelas penerapan media tiga dimensi memperoleh skor rata-rata 90,56. Hal ini lebih baik 23,96 daripada kelas kontrol yakni 66,60.

Published
2021-04-30
How to Cite
WULANDANINGRUM, Enis Ana. Pengembangan Media Tiga Dimensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 327-336, apr. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/354>. Date accessed: 22 june 2021. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.354.