Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar

  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Media pembelajaran monopoli karakter berbasis simulasi dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kecerdasan sosioemosi siswa. Penelitian ini mengunakan model pengembangan Thiagarajan 4D, dengan meniadakan fase desiminasi. Pada fase validasi produk dilakukan 3 validator, yaitu ahli materi, media dan bahasa. Sementara keefektifan dan kepraktisan di respon oleh guru dan siswa pada fase uji coba lapangan. Instrument yang digunakan (1) Angket, (2) Lember Observasi (3) Panduan Wawancara (4) tes. Hasil penelitian menunjukan pada media monopoli karakter berbasis memenuhi kriteria “valid” dan efektif serta praktis.

Published
2021-01-31
How to Cite
FATIH, Mohamad; ALFI, Cindya. Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 51-61, jan. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/315>. Date accessed: 02 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i1.315.