Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle
Abstract
Proses pembelajaran yang menggunaan model, strategi dan media pembelajaran yang kurang inovati dan menarik mengakibatkan minat belajar siswa menjadi rendah. Selain itu, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa.Pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran obyektif peningkatan hasil belajar PKn dengan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle pada siswa kelas V SDN 4 Siki Kecamatan Dongko semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi pembelajaran. Pencapaian hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 30,77% pada pra siklus, meningkat menjadi 53,83% pada siklus I sedangkan pada siklus II 84,62%.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.