Validitas dan Kepraktisan Bahan Ajar Modul Cetak Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

Validitas dan Kepraktisan Bahan Ajar Modul Cetak Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

  • Tuti Cahyani Universitas Terbuka Jakarta
  • Asnah Said Universitas Terbuka, Indonesia
  • Supeno Supeno Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Proses validasi dan uji lapangan merupakan langkah dalam pengembangan modul pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk memastikan kepraktisannya dalam mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi prototype modul IPA yang telah direvisi berdasarkan hasil validasi oleh ahli dan uji rumpang di lapangan. Studi ini menggunakan pendekatan validasi oleh ahli untuk menilai konten modul IPA. Setelah direvisi berdasarkan hasil validasi, modul diuji menggunakan tes Cloze yang mengukur pemahaman siswa terhadap materi IPA. Data dianalisis untuk membandingkan pemahaman sebelum dan setelah menggunakan modul. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul yang telah direvisi memiliki tingkat validitas yang tinggi, dengan sebagian besar modul dinyatakan valid tanpa revisi atau membutuhkan revisi minor. Uji rumpang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi IPA setelah menggunakan modul yang direvisi. Modul IPA yang telah direvisi berdasarkan proses validasi oleh ahli efektif dalam mendukung pembelajaran. Validitas konten yang tinggi dan peningkatan pemahaman siswa menunjukkan bahwa modul ini layak untuk dimanfaatkan dalam konteks pembelajaran IPA untuk dalam meningkatkan hasil belajar

Published
2024-10-31
How to Cite
CAHYANI, Tuti; SAID, Asnah; SUPENO, Supeno. Validitas dan Kepraktisan Bahan Ajar Modul Cetak Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 767-774, oct. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1105>. Date accessed: 06 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i4.1105.