Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Melalui Komik Berbasis Kearifan Lokal Kota Medan di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penigkatan literasi materi kalimat penghubung mengunakan media komik di kelas IV UPT SDN 060909 Medan. Adapun metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 060909. Sampel penelitian ini sebanyak 30 orang. Instrument yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data diolah dengan teknik analisis data yaitu penggunaan media komik materi kalimat penghubung di kelas IV SDN 060909 Medan meningkatkan literasi baca siswa melalui penggunaan media komik yang dilaksanakan pada ketuntasan pra-siklus dengan rata-rata 64,8%, siklus I dengan perolehan hasil dengan nilai rata-rata 70,5% dan siklus II dengan rata-rata 80%, dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 5, 7% dan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,5 %. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui media komik dapat meningkatkan kemampuan literasi baca kearifan lokal kota Medan pada kelas IV pada materi kata penghubung antar kalimat dalam teks narasi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.