Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Kondisi Geografis pada Pembelajaran IPS

  • Laila Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Murwanti SMP Negeri 1 Surabaya

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS kelas VIII yaitu masih rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis materi kondisi geografis. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran dan kurangnya bahan ajar yang menghubungkan materi dengan latar belakang budaya peserta didik. Hal tersebut dapat menghambat proses pencapaian hasil pembelajaran secara maksimal. Artikel ini bertujuan untuk mengungkap penerapan CRT dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan capaian kemampuan analisis kondisi geografis dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil kemampuan analisis geografis kurang optimal terlihat dari masih banyak peserta didik yang mencapai tingkatan “cukup” dan “kurang” sedangkan di siklus II hasil kemampuan analisis geografis mengalami peningkatan pada kategori “sangat baik” dan “baik” serta terjadi penurunan pada kategori “cukup” dan “kurang”. Peningkatan juga terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar, jumlah peserta didik yang tuntas, dan persentase ketuntasan. Peningkatan ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching terbukti meningkatkan kemampuan analisis kondisi geografis.

Published
2024-10-31
How to Cite
SAFITRI, Laila; SEGARA, Nuansa Bayu; MURWANTI, Dwi. Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Kondisi Geografis pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 716-725, oct. 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1082>. Date accessed: 06 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i4.1082.