Implementasi Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Kartu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPS Kelas VIII
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Surabaya adalah lemahnya pemahaman konsep peserta didik pada materi utama yang membahas mengenai istilah ilmiah di dalamnya. Hal iniĀ berdampak pada pengetahuan peserta didik dan terhambatnya proses pencapaian ketuntasan klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman konsep peserta didik yang diiringi dengan hasil belajar melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan lembar kerja kartu dapat mengalami peningkatan secara signifikan dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) dengan dua kali siklus berulang. Hasil penelitian menunjukkan implementasi discovery learning berbantuan lembar kerja kartu dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS pada materi utama kondisi geografis dan pelestarian sumber daya alam dengan rata-rata presentase enam indikator pemahaman konsep semula 53% (siklus I) menjadi 63% (siklus II). Peningkatan ini pula terjadi pada nilai rata-rata hasil belajar peserta didik, dimana pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 60.12 menjadi 70 pada siklus II. Kemudian, adanya peningkatan pada frekuensi jumlah peserta didik dengan nilai sangat tinggi (81-100) semula 6 orang pada siklus pertama menjadi 11 orang pada siklus kedua serta tidak ditemukannya peserta didik yang memiliki nilai dengan kategori rendah maupun sangat rendah.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.