Pengembangan Pop-Up Book untuk Meningkatkan Daya Nalar Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn SMP
Abstract
Salah satu dimensi profil pelajar pancasila yaitu bernalar kritis. Untuk meningkatkan kemampuan daya nalar kritis peserta didik diperlukan suatu media yang dapat merangsangnya. Riset ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media belajar pop-up book pada mata pelajaran PPKn, terkait tanggapan peserta didik untuk media pop-up book dan guna mengidentifikasi meningkat atau tidaknya kemampuan daya nalar kritis siswa pada pelajaran PPKn. Riset ini berjenis R&D mengadopsi prosedur Borg and Gall. Dalam uji coba produk, menggunakan metode eksperimen one group pre-test dan post-test, karena yang diamati adalah kemampuan daya nalar kritis maka test diganti dengan penilaian diri yang merupakan indikator dari nalar kritis. Hasil pengembangan media pop-up book menunjukkan bahwa produk sangat mungkin digunakan sebagai alat bantu belajar. Hal ini didasarkan pada hasil validasi oleh ahli materi dengan rerata 90,7%, ahli media dengan rerata 90% serta ahli bahasa 80%. Tanggapan siswa pada media pop-up book dianggap sangat layak. Berdasarkan hasil rerata skor sebelum dan sesudah tes adalah 59,71 menjadi 74,57. Disamping itu dari hasil pengamatan ditemui bahwa suasana kelas dengan menggungakan pop-up book tampak lebih produktif dan partisipatif. Siswa banyak terlibat dalam pembelajaran, berdiskusi dengan teman, menyampaikan gagasan dan pendapat mereka serta, tidak segan interupsi jika ada pendapat yang berbeda dengan penalaran mereka.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.