Penerapan PjBL Berbasis Cloud Computing untuk Meningkatkan Problem-Solving Skills dan Keterampilan Share Hosting Siswa di SMK Negeri 1 Kras

  • Tino Bambang Gunawan Universitas Negeri Surabaya
  • Ekohariadi Ekohariadi Universitas Negeri Surabaya
  • Ratna Suhartini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) berbasis cloud computing untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan share hosting. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain eksperimen control group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 72 siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen yang dilakukan pemebelajaran dengan PJBL berbasis cloud computing sebanyak 36 siswa dan kelompok kontrol yang dilakukan pembelajaran menggunakan PJBL secara konvensional sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah dan angket untuk mengukur keterampilan share hosting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan PJBL cloud computing dalam meningkatkan ketermapilan pemecahan masalah dan keterampilan share hosting. Perolehan nilai p pada uji MANOVA sebesar 0,000 pada keterampilan pemecahan masalah dan nilai p sebesar 0,000 pada keterampilan share hosting. Perolehan nilai keterampilan pemecahan masalah dan share hosting siswa yang dibelajarkan menggunakan PJBL cloud computing lebih baik dibanding dengan siswa yang tidak dilakukan pembelajaran dengan PJBL cloud computing.

Published
2024-07-31
How to Cite
GUNAWAN, Tino Bambang; EKOHARIADI, Ekohariadi; SUHARTINI, Ratna. Penerapan PjBL Berbasis Cloud Computing untuk Meningkatkan Problem-Solving Skills dan Keterampilan Share Hosting Siswa di SMK Negeri 1 Kras. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 608-615, july 2024. ISSN 2598-2877. Available at: <https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/1041>. Date accessed: 13 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i3.1041.
Section
Science Education