Penerapan PjBL Berbasis Cloud Computing untuk Meningkatkan Problem-Solving Skills dan Keterampilan Share Hosting Siswa di SMK Negeri 1 Kras
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) berbasis cloud computing untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan share hosting. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain eksperimen control group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 72 siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen yang dilakukan pemebelajaran dengan PJBL berbasis cloud computing sebanyak 36 siswa dan kelompok kontrol yang dilakukan pembelajaran menggunakan PJBL secara konvensional sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah dan angket untuk mengukur keterampilan share hosting. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan PJBL cloud computing dalam meningkatkan ketermapilan pemecahan masalah dan keterampilan share hosting. Perolehan nilai p pada uji MANOVA sebesar 0,000 pada keterampilan pemecahan masalah dan nilai p sebesar 0,000 pada keterampilan share hosting. Perolehan nilai keterampilan pemecahan masalah dan share hosting siswa yang dibelajarkan menggunakan PJBL cloud computing lebih baik dibanding dengan siswa yang tidak dilakukan pembelajaran dengan PJBL cloud computing.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.