A Penggunaan Aplikasi RKAS dalam Sistem Administrasi Penyaluran Dana BOS pada Sekolah Dasar Dinas Pendidikan kota Blitar
Aplikasi RKAS dalam Sistem Administrasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam sistem administrasi penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa sekolah dasar yang telah menerapkan aplikasi RKAS. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi RKAS telah memberikan beberapa manfaat signifikan dalam administrasi penyaluran Dana BOS, antara lain peningkatan transparansi dan akuntabilitas, kemudahan dalam pelaporan keuangan, serta efisiensi waktu dan biaya. Namun, beberapa tantangan juga dihadapi, seperti keterbatasan kemampuan teknis dari sebagian staf administrasi dan kebutuhan akan pelatihan berkelanjutan.
Secara keseluruhan, penerapan aplikasi RKAS dinilai efektif dalam mendukung sistem administrasi penyaluran Dana BOS di Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, meskipun masih memerlukan beberapa perbaikan dan dukungan lebih lanjut untuk mengatasi kendala yang ada.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.