TY - JOUR AU - Ekorini, Puput Zuli PY - 2018/04/07 TI - Efektivitas Cooperative Script dalam Pembelajaran Reading Skill pada Mata Kuliah Reading Comprehension II JF - Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual; Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018DO - 10.28926/riset_konseptual.v2i2.48 KW - N2 - Artikel berikut berkonsentrasi pada penelitian tentang reading skill dimana reading skill merupakan skill yang sangat penting untuk dikuasai oleh mahasiswa pada prodi pendidikan bahasa inggris terutama pada mata kuliah Reading Comprehension II. Ada beberapa masalah yang sangat mendasar dan krusial terkait dengan proses kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah Reading Comprehension II yang dihadapi oleh para mahasiswa. Pertama adanya kesulitan dalam memahami materi dan kurangnya motivasi untuk membiasakan diri melakukan kegiatan membaca untuk meningkatkan penguasaan vocab. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian untuk mengetahui reading skill pada mahasiswa sebelum dan setelah mendapatan pengajaran menggunakan cooperative script dan adanya efektivitas dalam penggunaan cooperative script dalam kegiatan belajar menagajar mahasiswa pendidikan bahasa inggris STKIP PGRI Nganjuk. Cooperative script merupakan salah satu teknik mengajar dari cooperative learning. Cooperative script ini diaplikasikan untuk mengajar mahasiswa semester dua program pendidikan bahasa inggris STKIP PGRI Nganjuk tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 27 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimenl. Berdasarkan dari data yang diambil dari pre-test dan post-test pada penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan cooperative script dalam pengajaran reading skill adalah efektif. Hal in berarti bahwa adanya kemajuan pada reading skill mahasiswa pada mata kuliah Reading Comprehension II setelah mendapatkan pengajaran menggunakan cooperatove script. Nilai rata-rata pada pre-test adalah 54.81 dan rata-rata pada post-test adalah 74.07. Berdasarkan pada hasil perhitungan ini maka peneliti menemukan bahwa to adalah 10.58. setelah menemukan nila to langkah terakhir adalah mencari nilai tabel dengan nilai 2.04 (5%). Sehingga peneliti dapat menjelaskan bahwa to mempunyai nilai yang lebih tinggi dari pada nilai pada t-tabel juga pada level perbedaan signifikan pada hasil antara pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan adanya hasil yang signifikan pada penelitian ini. UR - https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/48