Pembelajaran Cara Cepat Menguasai 16 Tenses Bahasa Inggris Menggunakan Metode Persilangan Rumus di SMK Darul Huda Jabon Sidoarjo

  • Wawan Novianto Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Siti Rofi'ah UNU Blitar
Keywords: 16 tenses, persilangan rumus, motivasi belajar, SMK Darul Huda Jabon

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk membantu permasalahan mitra, yaitu permasalahan dalam penguasaan 16 tenses bahasa Inggris. Salah satu kendala SMK Darul Huda Jabon sebagai mitra dalam pengabdian ini adalah motivasi siswa yang kurang dan penggunaan metode mengajar yang monoton. Tim pengabdi dalam pelaksanaan pengabdian ini memberikan metode yang baru di dunia pendidikan formal yaitu metode persilangan rumus yang diadopsi dari Kampung Inggris Pare, Kediri. Tim pengabdi  juga memberikan cara pengajaran yang fun dengan memberikan brain storming sebelum KBM. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan presentase kelulusan penguasaan 16 tenses secara signifikan yaitu 68,9%. Dengan demikian, metode persilangan rumus dapat menjawab permasalahan yang dihadapi mitra.

Published
2022-07-31
How to Cite
Novianto, W., & Rofi’ah, S. (2022). Pembelajaran Cara Cepat Menguasai 16 Tenses Bahasa Inggris Menggunakan Metode Persilangan Rumus di SMK Darul Huda Jabon Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 4(1), 91-98. https://doi.org/10.28926/jppnu.v4i1.67