Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pembuatan Modul Digital di SMK PGRI 3 Kediri
Abstract
Berdasarkan analisis situasi yang dilakukan dengan metode wawancara kepada kepala SMK PGRI 3 Kediri bahwa guru belum sepenuhnya memanfaatkan dan membuat modul digital sebagai bahan ajar alternatif. Dalam proses pembelajaran daring kondisi siswa banyak yang tidak menyimak penjelasan guru. Hal ini bisa dilihat dari kurangnya motivasi siswa dalam menjawab setiap pertanyaan guru. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak maksimal. Adapun solusi yang ditawarkan adalah memberi workshop, mediasi serta bantuan berupa penyediaan forum bagi guru untuk mengenal lebih jauh tentang pembuatan modul digital dalam pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama dua hari. Metode yang digunakan yaitu melakukan analisis situasi, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Kegiatan ini secara kesuluruhan diselenggarakan dengan baik dan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana kegiatan yang telah disusun, meskipun belum semua peserta pendampingan menguasai dengan baik materi yang disampaikan.