Studi Kegiatan Fun With English Siswa Kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Slorok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar

  • Siti Rofi'ah UNU BLITAR
  • Widiarini Widiarini
  • Ririn Pratiwi Suharto
  • Istina Atul Makrifah
Keywords: pembelajaran, bahasa Inggris, menyenangkan

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat di MTs NU Slorok dilakukan untuk mengatasi masalah siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan hasil survei di sekolah, ditemukan masalah-masalah sebagai berikut. (1) Motivasi belajar siswa/siswi MTs NU Slorok relatif rendah untuk belajar bahasa Inggris; (2) media pembelajaran bahasa Inggris yang telah diterapkan di MTsS NU Slorok kurang menarik bagi siswa/siswi MTs NU Slorok; dan (3) adanya pola pikir siswa/siswi MTs NU Slorok yang menganggap bahwa bahasa Inggris bukan menjadi prioritas utama bagi mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan upaya penggunaan kegiatan-kegiatan yang efektif dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Kegiatan ini selanjutnya dinamakan Fun With English. Kegiatan ini mencakup empat keterampilan berbahasa, yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Kegiatan yang dilakukan untuk masing-masing keterampilan adalah listening diajarkan dengan kegiatan whispering dan Listen and Do, speaking dilaksanakan dengan role-play dan game who am I, reading dilakukan dengan wordwall, dan writing dilakukan dengan permainan arrange jumble words. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan siswa lebih termotivasi dan sangat antusias belajar bahasa Inggris sehingga pembelajaran lebih efektif dan kemampuan Bahasa Inggris siswa berkembang dengan baik.

Published
2021-12-31
How to Cite
Rofiā€™ah, S., Widiarini, W., Suharto, R., & Makrifah, I. (2021). Studi Kegiatan Fun With English Siswa Kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Slorok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 3(2), 116-129. https://doi.org/10.28926/jppnu.v3i2.58