Pendampingan Guru Madrasah dalam Evaluasi Pembelajaran melalui Aplikasi Quizizz

  • Maisyaroh Maisyaroh Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Mustiningsih Mustiningsih Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Juharyanto Juharyanto Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Mochammad Sa’id Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang
  • Nova Syafira Ariyanti Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Maulana Amirul Adha Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Bagus Rachmad Saputra Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang
  • Shoifah Shoifah Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum Mojokerto
Keywords: pendampingan, evaluasi pembelajaran, aplikasi quizizz

Abstract

Tujuan pendampingan evaluasi pembelajaran melalui aplikasi Quizizz pada pendidikan dasar ini yakni (1) memberikan pemahaman tentang manfaat teknologi bagi proses pembelajaran, (2) memberikan pemahaman tentang jenis-jenis program evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan TIK, dan (3) menggunakan program Quizizz dalam evaluasi pembelajaran. Pendampingan ini dilakukan di Yayasan Pendidikan Islam Ihyaul Ulum Mojokerto meliputi KB/TK, MI dan MTs Ihyaul Ulum. Metode yang digunakan yaitui pendampingan berupa ceramah terkait dengan teknologi informasi, diskusi terkait dengan jenis-jenis aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran dan praktik penggunaan aplikasi Quizizz. Hasil kegiatan dari pendampingan ini adalah (1) peserta mengetahui manfaat dari adanya teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, (2) mengetahui jenis-jenis aplikasi yang dapat digunakan dalam evaluasi pembelajaran, dan (3) terdapat perubahan yakni peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi Quizizz sebagai aplikasi dalam evaluasi pembelajaran. Selain itu hal ini juga menjadikan ajang untuk meningkatkan semangat kerja guru.

Author Biographies

Maisyaroh Maisyaroh, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Mustiningsih Mustiningsih, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Juharyanto Juharyanto, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Mochammad Sa’id, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang

Dosen Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang

Nova Syafira Ariyanti, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Maulana Amirul Adha, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Bagus Rachmad Saputra, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Shoifah Shoifah, Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum Mojokerto

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum Mojokerto

Published
2021-12-24
How to Cite
Maisyaroh, M., Mustiningsih, M., Juharyanto, J., Sa’id, M., Ariyanti, N., Adha, M., Saputra, B., & Shoifah, S. (2021). Pendampingan Guru Madrasah dalam Evaluasi Pembelajaran melalui Aplikasi Quizizz. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 3(2), 51-60. https://doi.org/10.28926/jppnu.v3i2.53