PEMBERDAYAAN KELOMPOK EKONOMI KREATIF DALAM PENINGKATAN LITERASI BISNIS DIGITAL SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN PARIWISATA BERKELANJUTAN

  • Endah Fitriyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andreas Suwandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Fauzan Aziz Universitas Telkom
  • Fadia Nabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizki Wahyu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan produk unggulan ekonomi kreatif yang dapat bersaing secara nasional dan berdampak pada peningkatan ekonomi. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pengembangan bisnis ekonomi kreatif melalui literasi digital mencakup keterampilan dan pengetahuan dalam aspek pemasaran dan produksi dalam berwirausaha. Metode dalam pendampingan ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan pendekatan penyuluhan berupa transfer ilmu pengetahuan kepada mitra dan pendampingan. Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta pelaku UMKM ekonomi kreatif dari 4 kelurahan di Kecamatan Panyileukan yaitu Kel. Mekar Mulya, Kel. Cipadung Kulon, Kel. Cipadung Wetan, Kel. Cipadung Kidul. Luaran dari hasil kegiatan ini secara fisik adalah media pemasaran digital berupa website, sosial media dan katalog digital ekonomi kreatif yang diproduksi dan dipasarkan melalui media digital. Sementara hasil non fisik mencakup peningkatan keterampilan literasi digital, teknik konten kreator, teknik foto produk, dan peningkatan skill diversifikasi produk. Melalui kegiatan ini peserta dapat meningkatkan kemampuan untuk memasarkan produk, skill serta pengetahuan masyarakat agar produk ekonomi kreatif naik kelas. Saran untuk kegiatan pengabdian pada masayarakat selanjutanya bisa memfasilitasi produk ekonomi kreatif untuk bisa menjadi produk unggulan destinasi wisata.

Published
2024-12-27
How to Cite
Fitriyani, E., Suwandi, A., Aziz, F., Nabila, F., & Saputra, R. (2024). PEMBERDAYAAN KELOMPOK EKONOMI KREATIF DALAM PENINGKATAN LITERASI BISNIS DIGITAL SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN PARIWISATA BERKELANJUTAN. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 6(2), 151 - 165. https://doi.org/10.28926/jppnu.v6i2.319