BIMTEK: OPTIMALISASI POTENSI MAHASISWA DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERAKREDITASI SINTA (STUDI ABDI: MENULIS ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA BLITAR)

  • Saptono Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Roziah Roziah Universitas Islam Riau
  • Juli Yani Universitas Al- Washliyah Labuhanbatu
  • Enggal Chairyadi Mulyono Universitas Al- Washliyah Labuhanbatu
  • Agus Hermawan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Lailiyatus Sa'diyah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
Keywords: artikel, ilmiah, menulis, optimalisasi

Abstract

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia yang tercetak sebagai calon pendidik, sudah selayaknya menguasai keterampilan berbahasa yang terukir pada esensial kompetensi di bidang keterampilan menyimak, menulis, membaca, dan berbicara. Keterampilan responsif dan produktif yang wajib dikuasai mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Merdeka Belajar yang menjadi basis kurikulum mendorong calon pendidik pada penguatan-penguatan yang optimal pada kompetensi-kompetensi. Komitmen pada visi misi tujuan dan strategi untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan, sebagai langkah kemandirian dalam pembelajaran sebagai proses-proses keluaran pengajaran. Mahasiswa calon pendidik atau guru yang profesional termaknai sebagai pelajar dengan kualifikasi kompetensi yang mampu membawa perubahan pembangunan, pengembangan ilmu pengetahuan baik secara personal maupun efek di luar dirinya dengan progres yang kreatif, inovatif, efektif tepat guna berkesinambungan. Upaya mendorong menuju karakter tersebut, mahasiswa sebagai sumber daya manusia bernalar cerdas-kritis berkualitas, dilakukan pelatihan, bimbingan, dan pendampingan secara intens pada bulan September-November-Desember 2023 sebagai langkah mengoptimalkan kemampuan mahasiswa menulis artikel ilmiah terindeks sinta. Prosedur tersebut sebagai langkah membuka cara bernalar bahwa sudah banyak terbit berbagai aplikasi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dapat mendorong mereka lebih cepat mengerjakan artikel dengan baik. Kualitas kemampuan bersaing mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia secara global softskill-hardskill kompetensi bernalar “Learn To Do” dalam jelajah iptek akan mendorong percepatan tujuan pendidikan sekaligus secara luas meningkatkan perekonomian bangsa secara global.

Published
2024-07-31
How to Cite
Hadi, S., Roziah, R., Yani, J., Mulyono, E., Hermawan, A., & Sa’diyah, L. (2024). BIMTEK: OPTIMALISASI POTENSI MAHASISWA DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERAKREDITASI SINTA (STUDI ABDI: MENULIS ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA BLITAR). Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 6(1), 57 - 67. https://doi.org/10.28926/jppnu.v6i1.278