Bimbingan Teknis Pembuatan Istrumen Assesment HOTS (High Order Thinking Skill) bagi Guru SD Berbasis Karakter di Blitar Raya

  • M. Zainuddin Universitas Negeri Malang
  • Sutansi Sutansi Universitas Negeri Malang
  • Esti Untari Universitas Negeri Malang
  • Kristin Restu Perdana Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Keywords: bimbingan teknis, HOTS, karakter

Abstract

Bimbingan teknis pembuatan istrumen assesment HOTS (High Order Thinking Skill) bagi guru dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan para guru SD di gugus 03 Krisik, Gandusari dalam menyusun instrument asesmen yang dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Melalui kegiatan ini para guru diberikakan wawasan sekalikus kemampuan secara teknis dalam menyusun instrument Asesmen HOTS. Kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada tahap eksplorasi para guru diminta untuk mengemukakan berbagai pengetahuannya tentang evaluasi, terutama yang berstandar HOTS. Hasil eksplorasi digunakan sebagai landasasan untuk melakukan kegiatan elaborasi, yaitu berupa penjelasan secara teoretis dan kegiatan praktik tentang penyusunan instrument asesmen HOTS yang mampu digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Pada tahap konfirmasi, para peserta diminta untuk menyusun instrument evaluasi secara berkelompok. Selanjutnya, secara bergantian, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil penyusunan instrument evaluasinya di depan para peserta yang lain. Pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan sekaligus kemampuan para guru SD gugus 03 Krisik, Gandusari, Blitar dalam menyusun instrument assesment HOTS (High Order Thinking Skill) yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Published
2020-12-30
How to Cite
Zainuddin, M., Sutansi, S., Untari, E., & Perdana, K. (2020). Bimbingan Teknis Pembuatan Istrumen Assesment HOTS (High Order Thinking Skill) bagi Guru SD Berbasis Karakter di Blitar Raya. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 2(2), 143-149. Retrieved from https://journal.unublitar.ac.id/jppnu/index.php/jppnu/article/view/26