PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS KOMPETENSI BAGI KEPALA SEKOLAH DAN GURU SDN DI KOTA MALANG
Abstract
Kompetensi guru yang mutlak harus dikembangkan mencakup kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Salah satu tagihan dalam kompetensi profesional yang termuat dalam PKB guru adalah publikasi ilmiah yang dimuat dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Sementara itu berdasarkan analisis situasi mitra, guru-guru SDN di Kota Malang memiliki kesulitan dalam menyusun artikel. Umumnya guru-guru belum memiliki artikel sebagai produk karya ilmiah sebagai penunjang kenaikan pangkat mereka. Tujuan dari pendampingan dan pelatihan menulis artikel ilmiah ini untuk membantu guru-guru dan kepala sekolah SDN di Kota Malang dalam memahami dan melahirkan karya ilmiah berbentuk artikel layak terbit pada jurnal nasional. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan system In, On, In, dimana peserta nantinya akan mendapatkan pendampingan secara klasikal dan individual dalam pembuatan produk akhir. Evaluasi kegiatan pelatihan ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi hasil. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bahwa tingkat evaluasi proses tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan tingkat evaluasi hasil tergolong dalam kategori tinggi juga.