PENGUATAN MANAJEMEN ORGANISASI, SARANA PRASARANA DAN IMPLEMENTASI INTERNET MARKETING UNTUK MENJAGA WARISAN BUDAYA SENI REOG BULKIYO

  • Ahmad Saifudin Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • M. Helmi Hakim Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Sri Utami Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Ersha Dzakiyatus Sabilla Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Vyncentcia Awana Putri Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Manajemen, Implementasi, Warisan Budaya

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok Kabupaetn Blitar. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan penguatan managemen organisasi, sarana prasarana dan implementasi internet marketing untuk menjaga warisan budaya Seni Reog Bulkiyo. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengembangkan potensi Seni Reog Bulkiyo yang ada di Desa Kemloko. Adapun solusi dari permasalahan di atas adalah: Yang pertama, perbaikan manajemen kelembagaan dan peningkatan mutu SDM. Perbaikan ini dilakukan dengan cara mengenalkan sistem manajerial lembaga yang bagus dan peningkatan mutu SDM serta memberikan pelayanan yang prima kepada mitra dan masyarakat melalui kegiatan sosialisasi dan pemberdayaan serta pendampingan; Kedua, inovasi dan pengembangan tarian. Kegiatan ini dilakukan tanpa mengurangi esensi dari cerita sejarah yang terkandung dalam seni Reog Bulkiyo, dengan cara: meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perlunya menjaga warisan budaya kesenian Reog Bulkiyo, dan menerapkan teknik produksi berbasis inovasi kepada masyarakat dengan dilakukakan pendampingan; Ketiga, peningkatan pendapatan masyarakat dari usaha Jasa Seni Pertunjukan Reog Bulkiyo, dengan cara: meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai teknik pemasaran untuk usaha Jasa Seni Pertunjukan Reog Bulkiyo yang baik melalui kegiatan pelatihan, menerapkan teknik pemasaran berbasis teknologi Internet Marketing untuk usaha Jasa Seni Pertunjukan Reog Bulkiyo yang baik kepada mitra dan masyarakat dengan dilakukakan pendampingan, dan pembangunan Jejaring kemitraan dengan berbagai pihak; Yang keempat, membuat pertunjukkan Seni Reog Bulkiyo berbasis bilingual untuk menarik perhatian turis asing; Yang kelima adalah pembuatan program tindak lanjut pasca pelaksanaan kegiatan PKM, dengan cara: perluasan jangkauan marketing hingga keluar daerah melalui berbagai media promosi, dan peningkatan jumlah penonton usaha Jasa Seni Pertunjukan Reog Bulkiyo.

Published
2023-12-22
How to Cite
Saifudin, A., Hakim, M. H., Utami, S., Sabilla, E. D., & Putri, V. A. (2023). PENGUATAN MANAJEMEN ORGANISASI, SARANA PRASARANA DAN IMPLEMENTASI INTERNET MARKETING UNTUK MENJAGA WARISAN BUDAYA SENI REOG BULKIYO. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(2). https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i2.221

Most read articles by the same author(s)