PENGUATAN KARAKTER GOTONG ROYONG PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI SERVICE LEARNING DI TPQ MAMBAUL HUDA KEDAWUNG KABUPATEN BLITAR

  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Mohamad Fatih
  • Siti Rofiah
  • M Afifuddin Muqtafa
  • Ala Khomaria
  • Umi Restiani
  • Kiky Sisiliafani Azizah
  • Lana Diyani Aswitama
  • Nurlaila Allatif
  • Yayuk Susanti
  • Nuril Badiatul Umah
Keywords: Gotong Royong, Sosialisasi, Profil Pelajar Pancasila, TPQ

Abstract

TPQ (taman pendidikan al-quran) merupakan salah satu sarana untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak-anak. Beberapa madrasah melalui program- programnya hanya menanamkan karakter religius kepada anak-anak. Padahal TPQ merupakan wadah strategis sebagai support system projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) gotong royong. Karakter gotong royong pada zaman sekarang seakan bergeser dengan adanya perkembangan teknologi yag menjadikan pribadi individualis. Maka dari itu karakter gotong royong ini harus terus dilestarikan agar bangsa ini bisa terus tumbuh ke arah yang lebih baik di setiap masanya. Luaran dari kegiatan sosialisasi P5 yakni lembaga pendidikan yang bersifat non-formal mampu menjadi wadah untuk menguatkan profil pelajar Pancasila gotong royong khususnya kepada santrinya sebagi bentuk kolaborasi dengan sekolah. Kegiatan sosialisasi tersebut diawali dengan perencanan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Berdasarakan pelaksanaan kegiatan, dapat disimpulkan bahwa santri mampu memahami urgensi dan kebermanfaatan karakter gotong royong yang selaras denga profil pelajar Pancasila bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar

Published
2023-07-31
How to Cite
Alfi, C., Fatih, M., Rofiah, S., Muqtafa, M. A., Khomaria, A., Restiani, U., Azizah, K., Aswitama, L., Allatif, N., Susanti, Y., & Umah, N. (2023). PENGUATAN KARAKTER GOTONG ROYONG PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI SERVICE LEARNING DI TPQ MAMBAUL HUDA KEDAWUNG KABUPATEN BLITAR. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 5(1), 148 - 154. https://doi.org/10.28926/jppnu.v5i1.201