Bimbingan Teknik Penulisan Ilmiah untuk Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

  • Lestariningsih Lestariningsih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: bimtek, karya tulis, pengetahuan

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dalam bidang karya tulis ilmiah mahasiswa. Bimtek penulisan karya tulis kepada mahasiswa ini sangat diperlukan mengigat banyaknya mahasiswa peternakan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar yang belum mengetahui dan memahami penulisan karya tulis ilmiah. Kegiatan bimtek telah dilaksanakan di Kampus 2 Universitas Nahdlatul Ulama Blitar pada 17 November 2019 yang diikuti oleh 30 mahasiswa angkatan 2019 Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Metode kegiatan dilaksanakan dengan survei, wawancara, bimbingan teknis, dan diskusi. Kegiatan diawali  degan dilaksanakan pre test untuk mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa Prodi Peternakan. Selain itu, setelah bimtek dilaksanakan post test untuk mengevaluasi kenaikan tingkat pengetahuan mahasiswa Prodi Peternakan dibidang karya tulis ilmiah. Selanjutnya data ditabulasi dan dianalisis dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat peningkatan 40% pengetahuan mahasiswa Prodi Peternakan dalam bidang penulisan karya ilmiah. Saran untuk lebih memahami penulisan karya tulis ilmiah diperlukan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar.

Published
2020-07-31
How to Cite
Lestariningsih, L. (2020). Bimbingan Teknik Penulisan Ilmiah untuk Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa Prodi Peternakan Fakultas Ilmu Eksakta Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 2(1), 71-75. Retrieved from https://journal.unublitar.ac.id/jppnu/index.php/jppnu/article/view/12

Most read articles by the same author(s)