Main Article Content
Abstract
Kooi Coffee, sebuah kedai kopi di Karimun, Kepulauan Riau, masih menggunakan sistem pencatatan transaksi secara konvensional. Dalam sistem ini, pencatatan pesanan hingga pembuatan setruk dilakukan menggunakan kertas dan direkapitulasi ke dalam buku transaksi di akhir hari. Sistem konvensional tersebut berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan, seperti kesulitan dalam pelacakan penjualan, risiko kesalahan pencatatan, ketidakakuratan laporan keuangan, serta belum dapat mengakomodasi permintaan metode pembayaran digital oleh pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem Point of Sale (POS) berbasis web dan mobile untuk mengoptimalkan proses transaksi dan manajemen operasional Kooi Coffee. Sistem POS dikembangkan melalui pendekatan client-server dengan arsitektur REST API, di mana bagian backend dibangun menggunakan bahasa pemrograman Go (Golang), PostgreSQL sebagai basis data relasional, aplikasi web manajerial menggunakan React, dan aplikasi mobile kasir dikembangkan menggunakan Flutter. Pengujian sistem menggunakan metode black box testing menunjukkan keberhasilan 100% pada total 31 skenario yang diuji. Sistem POS yang dikembangkan telah mampu mengintegrasikan proses transaksi, manajemen menu, pengelolaan akun pengguna, pelaporan, serta pembayaran digital melalui payment gateway. Selain itu, aplikasi mobile juga dapat terhubung dengan printer thermal untuk mencetak setruk transaksi. Secara keseluruhan, sistem POS yang dihasilkan dapat memberikan kemudahan dalam operasional Kooi Coffee dan mengoptimalkan proses bisnisnya.