Main Article Content

Abstract

Toko Lancar Jaya merupakan salah satu toko kelontong besar yang berada diwilahnya, hal ini terlihat dari jumlah transaksi yang terjadi yaitu minimal 149 transaksi perharinya. Saat ini informasi transaksi penjualan masih sebatas hanya untuk pelaporan guna mengetahui omzet penjualan. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen melalui pendekatan Algoritma Apriori. Penelitian ini akan menggunakan Algoritma Apriori karena kesederhanaan dan kemudahannya dalam mengidentifikasi kemunculan item pada suatu data. Dataset yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 1.095 data transaksi yang terjadi di bulan Desember 2022. Berdasarkan 2 percobaan yang dilakukan maka didapatkan hasil bahwa ketika konsumen membeli Gudang Baru Putih 12 maka ia juga akan membeli juga GG Surya 12 dan Perisai Kretek 12 dengan nilai support 0,003652968 ; confidence 1 dan lift ratio 219. Selain itu nilai minimum support dan minimum confidence yang tidak terlalu signifikan perbedaannya ternyata tidak akan mempengaruhi rule atau asosiasi yang dihasilkan.

Keywords

Association Rule Apriori Penjualan Transaksi

Article Details