Audit Pengelolaan Sekolah Menggunakan Proses Mining

  • Ahmad Fayyadh Qaimul Haq Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Kurnia Siwi Kinasih Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Dyah Ayu Wiranti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Muhammad Ainul Yaqin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Abd. Charis Fauzan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Process Mining, Audit Pengelolaan Sekolah, Audit

Abstract

Tujuan dari pembuatan paper ini adalah untuk melakukan audit pengelolaan sekolah dengan menggunakan metode process mining dan  memanfaatkan aplikasi RapidProM. Data yang digunakan dalam audit pengelolaan sekolah ini merupakan data primer yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi di SMAN 1 Tanjung Jabung Timur, kemudian diproses dengan menerapkan metode process mining. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat melakukan pengelolaan organisasi yang ada di sekolah, sehingga pengelolaan organisasi di sekolah akan lebih efektif. Dengan adanya audit pengelolaan sekolah, pengelolaan sekolah akan memenuhi kualitas dan standar yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Hasil penelitian audit pengelolaan sekolah dengan metode process mining yang menggunakan empat algoritma diantaranya Algoritma Alpha miner, Algoritma Fuzzy miner, Algoritma Heuristic miner, dan Algoritma Process tree dinilai memiliki kesesuaian yang tepat terhadap data yang ada. Dari hasil penelitian audit pengelolaan sekolah ini dapat disimpulkan persentase yang didapatkan dari masing masing algoritma, yaitu pada algoritma Alpha miner hasil persentase fitness 0,95 (95%) dan  precision 0,9 (90%),  pada algoritma Heuristic miner hasil persentase fitness 0,972 (97,2%) dan precision 0,83 (83%), pada algoritma Process tree hasil persentase fitness 0,98 (98%) dan  precision 1 (100%), pada algoritma Fuzzy miner hasil persentase fitness 0,99 (99%) dan  precision 0,915 (91,5%).

Published
2020-12-30