Analisis penerapan penguatan pendidikan karakter sebagai implementasi kurikulum 2013 di SD negeri 1 Pulorejo Purwodadi

Main Article Content

Ririn Dwi Novitasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan sekolah SD Negeri 1 Pulorejo dalam penerapan penguatan pendidikan karakter sebagai implementasi kurikulum 2013 dalm hal : 1) kesiapan kurikulum sekolah, 2) kesipan pendidik dan tenaga kependidikan. 3) kesiapan peserta didik.
Penilitian ini adalah deskripsi kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara terhadap kepala sekolah dan guru. Observasi untuk melihat kesiapan sekolah dalam penerapan penguatan pendidikan karakter sebagai implementasi kurikulum 2013. Tempat penelitian di SD Negeri 1 Pulorejo.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai karakter dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan memasukkan konsep karakter pada setiap pembelajaran. Penerapan penguatan pendidikan karakter ditanamkan pada warga sekolah.

Article Details

How to Cite
NOVITASARI, Ririn Dwi. Analisis penerapan penguatan pendidikan karakter sebagai implementasi kurikulum 2013 di SD negeri 1 Pulorejo Purwodadi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 08-11, jan. 2019. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/93>. Date accessed: 19 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i1.93.
Section
Articles