Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kebhinekaan Melaui Lomba Kebersihan dan Keindahan Kelas dengan Tema Adat Nusantara

Main Article Content

M.F. Lestari Budi Utami

Abstract

Artikel ini mengangkat tentang kegiatan lomba kebersihan dan keindahan kelas di SMPN 2 Blitar yang rutin diadakan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI setiap bulan Agustus. Mengapa kegiatan ini penting dikarenakan dampak positif dari kegiatan lomba ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kepeduliandan kebersihan terhadap lingkungan di kelas mereka, serta dapat lebih mengenal dan akhirnya bisa lebih mencintai budaya adat Nusantara.
Ada indikasi bahwa rasa cinta tanah air dan rasa kebhinekaan mulai menurun. Mencuatnya pemberitaan tentang aksi kekerasan, tawuran antar pelajar dan mahasiswa, konflik perang saudara, dan antar suku, menunjukkan betapa kebhinekaan dipandang bukan sebagai suatu aset yang berharga, namun dipandang sebagai ajang untuk kekuatan, Andracus (2014). Kegiatan lomba kebersihan kelas den menghiasnya dengan tema adat Nusantara berkaitan erat dengan literasi mengenai adat-adat yang ada di Nusantara. Untuk dapat menghias kelas sesuai dengan ciri khas adat Nusantara, dibutuhkan pengetahuan mengenai atat tersebut. Dengan mengetahui, mengenal dan memahami adat-adat yang ada di Nusantara diharapkan akan tumbuh rasa cinta tehadap budaya yang dimiliki oleh bangsa. Semakin tinggi rasa cinta terhadap adat, tradisi, dan budaya yang ada di Nusantara, maka akan tumbuh semangat untuk menjaganya, melestarikannya dan membelanya. Guru merupakan ujung tombak dalam dunia pendidikan untuk menyiapkan generasi penerus bangsa, maka dari itu sebagai kita harus terus menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta akan tradisi, dan budaya yang ada di Nusantara kepada siswanya, dan dapat menjadi motivator yang baik bagi siswa untuk cinta tanah air dan kebhinekaan.

Article Details

How to Cite
UTAMI, M.F. Lestari Budi. Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dan Kebhinekaan Melaui Lomba Kebersihan dan Keindahan Kelas dengan Tema Adat Nusantara. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 462-465, oct. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/89>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.89.
Section
Articles