Penerapan Metode Mind Mapping dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pengertian dan Pentingnya Keterbukaan dan Keadilan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara bagi Siswa Kelas XI IPS 2 Sma Ne

Main Article Content

Eni Cahyowati

Abstract

Pendidikan di sekolah yang selama ini dilakukan diharapkan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilian, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap, mandiri serta rasa dan tindakan kelas dalam konteks pendidikan dengan mengkaji penerapan Metode Mind Mapping terhadap prestasi belajar Kewarganegaraan siswa SMA Negeri 1 Blitar dalam Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pengertian Dan Pentingnya Keterbukaan Dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Proses belajar berbeda dengan proses kematangan. Kematangan adalah proses sedemikian hingga tingkah laku dimodifikasi sebagai akibat dan pertumbuhan dalam perkembangan struktur serta fungsi-fungsi jasmani. Dengan demikian tidak setiap perubahan tingkah laku pada diri individu merupakan hasil belajar. Untuk menguji hipotesa tersebut akan dianalisa secara statistik dengan menggunakan SPSS, dengan menggunakan uji statistik non parametrik, uji bertingkat Wilcoxon. Dari hasil analisa diatas, terlihat bahwa pada kolom asymp.sig. (2-tailed) / asymptotic sinificance untuk uji 2 sisi adalah 0,000, atau probabilitasnya dibawah 0,05 (0,000c0,005). Maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan Metode Mind Mapping akan lebih baik (meningkat) dibandingkan sebelumnya. Berdasarkan data dan analisisnya maka ada peningkatan yang bermakna dalam pretasi belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siklus ll. Tabel output SPSS di atas juga menunjukkan bahwa nilai siswa yang tidak berubah (tetap) ada 3 orang, nilai siswa yang naik pada siklus 2 ada 1 orang, dan nilai yang sama pada kedua siklus ada 3 orang.

Article Details

How to Cite
CAHYOWATI, Eni. Penerapan Metode Mind Mapping dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pengertian dan Pentingnya Keterbukaan dan Keadilan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara bagi Siswa Kelas XI IPS 2 Sma Ne. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 450-454, oct. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/87>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.87.
Section
Articles