Meningkatkan Kompetensi Guru BK dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan Klasikal melalui Supervusi Akademik

Main Article Content

Hariyanto Hariyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui sejauh  mana  efektivitas pelaksanaan supervisi akademik dalam  upaya  meningkatkan  kompetensi guru BK dalam  melaksanakan layanan bimbingan klasikal di kelas pada  sekolah  binaan. Jenis penelitian ini adalah   Penelitian Tindakan Sekolah  (PTS)  yang terselesaikan  dalam   dua   siklus.  Setiap   siklusnya   terdiri  dari   empat   tahap   yaitu  perencanaan (planning),  pelaksanaan   (action),  pengamatan   (observation), dan   refleksi   (reflection).  Penelitian tindakan sekolah  ini  dilaksanakan dalam  dua  siklus yang  melibatkan guru  bimbingan konseling SMPN  1 Kanigoro , SMPN 1 Wlingi  dan  SMPN 2 Wlingi Kabupaten Blitar dengan   indikator keberhasilan >90.0.  Penelitian ini diawali  dengan  pelaksanaan  supervisi akademik pelaksanaan  bimbingan klasikal  kepada  guru  BK SMP  sesuai  dengan   jadwal  yang  telah  dibuat.   Setelah  dilakukan penelitian tindakan  sekolah, dapat  disimpulkan bahwa  kompetensi guru BK melaksanakan program  bimbingan konseling  sangat penting  dan wajib dilaksanakan di sekolah  dan  semua  sekolah   melaksanakan program  bimbingan dan  konseling  yang  direncanakan  dan  dibuat,   walaupun masih  ada  guru  yang  berlatar  belakang bukan  bimbingan konseling.

Article Details

How to Cite
HARIYANTO, Hariyanto. Meningkatkan Kompetensi Guru BK dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan Klasikal melalui Supervusi Akademik. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 443-449, oct. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/86>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.86.
Section
Articles