Peningkatan Kompetensi Profesional Guru SMPN Satap Wlingi dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Pelatihan

Main Article Content

Bukhori Bukhori

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi  guru  pada SMPN Satap Wlingi dapat  ditingkatkan melalui kegiatan Pelatihan. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemis dan Taggart.  Setiap tindakan  atau siklus selalu terdiri dari empat kegiatan: 1) rencana tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi atau Penelitian, dan 4) refleksi. Dari kegiatan penelitian ini dikatehui  bahwa terjadi peningkatan kompetensi profesional guru SMPN Satap Wlingi  dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan. Pada siklus I rata-rata skor yang diperoleh 57,5% dengan sebutan cukup. Setelah diadakan kegiatan dengan pendekatan pelatihan pada siklus II ternyata rata-rata skor yang diperoleh oleh subjek penelitian naik 24 skor, sehingga rata-rata skor yang diperoleh 91,0%. Dari sebutan  cukup   menjadi   sangat   baik.   Kesimpulan   penelitian   ini   adalah penggunaan kegiatan pelatihan dapat peningkatkan kompetensi guru SMPN Satap Wlingi  dalam menyusun  RPP.

Article Details

How to Cite
BUKHORI, Bukhori. Peningkatan Kompetensi Profesional Guru SMPN Satap Wlingi dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Pelatihan. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 424-430, oct. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/83>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.83.
Section
Articles