Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Lesson Study bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di Smp Binaan Kabupaten Blitar

Main Article Content

Kabul Winarto

Abstract

Tujuan kegiatan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini meliputi tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya yakni : (1) memberikan pemahaman kepada guru-guru bahasa Inggris  terhadap Lesson Study, (2) memberikan pemahaman kepada guru-guru bahasa Inggris  terhadap langkah-langkah Lesson Study dalam PBM, (3) memberikan pengalaman kepada guru-guru bahasa Inggris  dalam menerapkan LS dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru, (4) memberikan pengalaman kepada siswa belajar bahasa Inggris  dengan model LS, dan (5) memberikan masukan kepada sekolah/dinas pendidikan dalam menerapkan LS di sekolah/dinas pendidikan masing-masing. Adapun tujuan khusus kegiatan PTS ini yakni : (1) meningkatkan kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) meningkatkan pengetahuan guru tentang materi ajar, (3) meningkatkan pengetahuan guru tentang PBM, (4) meningkatkan kemampuan guru dalam mengamati aktivitas pembelajaran, (5) menguatkan hubungan kolegalitas, dan (6) meningkatkan motivasi pengajar agar terus mengembangkan kualitas akademik mereka. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah Guru-guru bahasa Inggris  di wilayah SMP binaan di Kabupaten Blitar. Jumlah seluruh peserta  ada 22 orang guru. Kegiatan PTS ini  dilaksanakan dalam dua tahap yaitu (1) tahap pelatihan dan (2) tahap penerapan LS di sekolah. Hasil pelaksanaan Kegiatan PTS ini menghasilkan (1) Pemahaman guru-guru bahasa Inggris  terhadap Lesson Study meningkat dari sebelum pelatihan LS dan sesudah mereka mengikuti pelatihan, (2) Pemahaman guru terhadap langkah-langkah Lesson Study dalam PBM  meningkat lebih baik dibanding sebelum mengikuti pelatihan, (3) Pengaruh penerapan Lesson Study dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru sangat baik karena dapat meningkatkan motivasi mengajar, menjamin transparansi PBM dan pada akhirnya dapat meningkatkan profesionlisme guru, (4) Pengaruh penerapan LS terhadap pembelajaran siswa sangat baik, ini terlihat dari perubahan perilaku mereka yang menurut gurunya selama ini kurang aktif, dengan LS mereka menjadi lebih aktif di kelas.

Article Details

How to Cite
WINARTO, Kabul. Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Lesson Study bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di Smp Binaan Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 417-423, oct. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/82>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.82.
Section
Articles