Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan melalui Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas VII Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Gandusari Trenggalek

Main Article Content

Supraptani Supraptani

Abstract

Pendidikan di sekolah dapat menunjang proses pertumbuhan dan pengembangan potensi yang ada pada peserta didik agar mampu menjalankan tugas-tugas kehidupan sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Kenyataan di lapangan siswa susah memahami pelajaran IPS alasanya dikarenakan pembelajaran yang monoton, lebih banyak hafalan, guru mendominasi kegiatan pembelajaran dengan lebih banyak kegiatan ceramah sehingga siswa menjadi pasif, kadang-kadang menggunakan metode diskusi biasa, yang aktif hanya siswa yang pintar saja, yang lain lebih banyak diam atau melakukan kesibukan sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar ips materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan melalui model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas vii semester ii tahun pelajaran 2017/ 2018 di SMP Negeri 2 Gandusari Trenggalek. Berdasar hasil penelitian tindakan kelas, pada Siklus I kebanyakan siswa belum berani mengemukakan pendapat sehingga banyak waktu yang terbuang. Siswa kurang berani memberikan  masukan terkait dengan pokok masalah dalam  Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan. Kebanyakan siswa menunggu dan bergantung kepada siswa lain yang dianggap memiliki  kelebihan dalam kepandaian daripada  dirinya. Akan tetapi pada Siklus II, siswa sudah berani mengemukakan pendapat. Siswa berebut kesempatan untuk menyampaikan hasil kerjanya tentang topik Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan.   Demikian halnya dengan saat  mengomentari presentasi temannya.

Article Details

How to Cite
SUPRAPTANI, Supraptani. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan melalui Model Pembelajaran Jigsaw pada Siswa Kelas VII Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Gandusari Trenggalek. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 374-380, oct. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/78>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.78.
Section
Articles