Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Kosakata Tentang Cara Memelihara Kesehatan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 1A SDN Blitar

Main Article Content

Indah Kusmiati

Abstract

Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart yang berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tahap pelaksanaan menerapkan lima tahap penerapan media gambar sesuai pendapat ahli. Akhir siklus II diketahui terdapat peningkatan hasil belajar mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan menggunakan media gambar. Pada siklus I jumlah hasil belajar I pertemuan I sebesar 2180 dan meningkat menjadi 2260 pada pertemuan II sehingga diperoleh rata-rata sebesar 2220. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan I sebesar 78 dan meningkat menjadi 81 pada pertemuan II. Rata-rata nilai siswa pada Siklus I sebesar 79. Jumlah siswa yang tuntas pada pertemuan I sebesar 61% meningkat pada pertemuanĀ  II menjadi 75%, dengan rata-rata sebesar 68%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I adalah 2330 dan meningkat menjadi 2390 pada pertemuan II, sehingga diperoleh rata-rata siklus II sebesar 2360. Jumlah siswa tuntas pada pertemuan I sebanyak 23 siswa dan meningkat menjadi 26 siswa pada pertemuan II, atau telah tercapai ketuntasan klasikal sebesar 88%

Article Details

How to Cite
KUSMIATI, Indah. Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Kosakata Tentang Cara Memelihara Kesehatan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 1A SDN Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 356-363, oct. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/77>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.77.
Section
Articles