Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah

Main Article Content

Yusmanto Yusmanto

Abstract

Hasil belajar Matematika pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Salamrejo Kecamatan Karangan tahun pelajaran 2016/2017 pada materi bangun datar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pembelajaran yang berpusat pada guru. Tujuan penelitian memperoleh gambaran obyektif peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar dengan metode bernyanyi pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Salamrejo Trenggalek pada semester II tahun pelajaran 2016/2017, metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah Salamrejo tahun pelajaran 2016/2017 dari bulan Januari sampai dengan Maret 2017. Jumlah siswa yang diamati dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Hasil nilai siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 13 dengan persentase 52,00%, sedangkan siswa yang nilainya belum mencapai ketuntasan sebanyak 12 siswa dengan persentase 42,00 %. Pada siklus II dilihat dari rata-rata tes siswa adalah siswa yang mencapai ketuntasan 23 siswa dengan persentase 92,00%, sedangkan siswa yang hasil belajarnya belumĀ  tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase 8,00%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode bernyanyi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Salamrejo Trenggalek.

Article Details

How to Cite
YUSMANTO, Yusmanto. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 313-319, july 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/68>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.68.
Section
Articles