Peningkatan Prestasi Belajar Mapel IPA Melalui Metode Eksperimen

Main Article Content

Sariyem Sariyem

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) itu sendiri merupakan ilmu yang mempelajari gejala alam melalui proses dan sikap ilmiah yang pada dasarnya masih dilakukan dengan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan metode cerama. Sedang pada intinya proses ilmiah didasari dengan cara berfikir logis berdasarkan fakta-fakta yang mendukung sikap ilmiah tercantum pada sikap jujur dan obyektif dalam mengumpulkan fakta dan menyajikan hasil analisis fenomena- fenomena alam. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Mengetahui implementasi metode eksperimen terhadap peningkatan Prestasi Belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang gaya  Kelas IV SDN 2 Ngulankulon Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 2 Ngulankulon Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Semester 2  Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, pada akhir siklus I siswa tuntas mencapai 25 siswa (78%), sedangkan pada akhir siklus II mencapai 29 siswa (91%). Kenaikan atau peningkatan ketuntasan belajar adalah sebanyak 4 siswa atau 13%. Kesimpulan yang dapat diperoleh bahwa penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa Kelas VI Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 di SDN 3 Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek.

Article Details

How to Cite
SARIYEM, Sariyem. Peningkatan Prestasi Belajar Mapel IPA Melalui Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 294-299, july 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/65>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.65.
Section
Articles