Peningkatan Prestasi Belajar Materi Rasul-rasul Allah melalui Model Talking Stick pada Siswa Kelas V SD

Main Article Content

Sugito Sugito

Abstract

Rendahnya prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SDN 3 Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek dan Guru enggan melaksanakan model pembelajaran inovatif penelitian tindakan kelas dilakukan. Tujuan Penelitia Tindakan Kelas (PTK) untuk mendapatkan gambaran objektif peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas V SDN 3 Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Subjek adalah siswa kelas V SDN 3 Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah 11 siswa, terdiri 7 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Hasil siklus I Siswa tuntas 8 siswa (73%), pada siklus II sejumlah 11 siswa (100%), terjadi kenaikan sebesar 27% atau sebanyak 3 siswa dari 11 siswa. Nilai rata-rata kelasn pada siklus I sebesar 73 dan siklus II mencapai 85, terjadi kenaikan 17 poin. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas, maka terjadi peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Rasul-Rasul Allah melalui model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V di SDN 3 Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.

Article Details

How to Cite
SUGITO, Sugito. Peningkatan Prestasi Belajar Materi Rasul-rasul Allah melalui Model Talking Stick pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 281-286, july 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/63>. Date accessed: 24 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.63.
Section
Articles