Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pemberian Tugas Membuat Kesimpulan dengan Kartu Pada Siswa SMP

Main Article Content

Ta'awan Ta'awan

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal IPS yang berkaitan dengan Sub Tema Tumbuh dan berkembannya semangat kebangsaan pada pembelajaran IPS semester 2 kelas II-A. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana   dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas II-A SMP Negeri 1 Kota Blitar, dengan jumlah laki-laki 14 orang dan siswa perempuan sebanyak 19 orang. Penelitian ini berlangsung selama 3 siklus dengan jumlah tatap muka sebanyak 6 kali. Data setiap siklus diperoleh melalui kuesioner motivasi, respon siswa terhadap materi kegiatan belajar mengajar, nilai hasil Pra Siklus serta catatan hasil pengamatan guru mitra. Dari kegiatan menunjukkan bahwa dengan pemberian tugas membuat kesimpulan dengan kartu tingkat keaktifan siswa dalam belajar kelompok pada siklus 1 siswa yang aktif membuat kesimpulan dengan kartu sebesar 62% , siswa yang aktif mencatat pelajaran 69,1% dan siswa yang memperoleh nilai kategori baik dan amat baik sebesar 80,96% ; Pada siklus 2 siswa yang aktif membuat kesimpulan dengan kartu sebesar 69,05% , siswa yang aktif mencatat pelajaran 76,2% dan siswa yang memperoleh nilai kategori baik dan amat baik sebesar 85,72% ; Pada siklus 3 siswa yang aktif membuat bimpulan dengan kartu sebesar 85,70%, siswa yang aktif mencatat pelajaran 90,47% dan siswa yang memperoleh nilai kategori baik dan amat baik sebesar 92,85%.

Article Details

How to Cite
TA'AWAN, Ta'awan. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pemberian Tugas Membuat Kesimpulan dengan Kartu Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 274-280, july 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/61>. Date accessed: 24 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.61.
Section
Articles