Penigkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Materi Dunia Hewan Melalui Strategi Kooperatif Pada Siswa Kelas X Akselerasi

Main Article Content

Ifah Turistiana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X Akselarasi SMA Negeri 1 Blitar melalui strategi kooperatif. Jenis penelitian yang digunan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.  Instrumen digunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif model Milles dan Huberman yang meliputi data reduction, data display, dan conclution drawing/verification., Hasil penelitan menunjukkan strategi kooperatif dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai aktivitas belajar 69,7 dan hasil belajar 71,84 pada siklus pertama. Pada siklus kedua aktivitas belajar 71,67 dan hasil belajar 84,9. Pada siklus ke tiga diperoleh aktivitas belajar siswa 76,3 dan hasil belajar 84,9. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar Biologi melalui strategi kooperatif pada siswa kelas x akselerasi

Article Details

How to Cite
TURISTIANA, Ifah. Penigkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Materi Dunia Hewan Melalui Strategi Kooperatif Pada Siswa Kelas X Akselerasi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 253-260, july 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/59>. Date accessed: 14 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.59.
Section
Articles