Model Pembelajaran Think Talk Write Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA SD

Main Article Content

Asih Winarti

Abstract

Keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor tersebut dapat berasal dari siswa sendiri, dari guru, maupun dari guru dan siswa. Guru merasa enggan untuk melaksanakan model pembelajaran yang inovatif karena dianggap terlalu merepotkan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus (perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi). Penelitian ini mengambil populasi seluruh kelas V semester II tahun pelajaran 2017/2018 di SDN 3 Ngadirejo  Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Subjek yang diteliti berjumlah 26  siswa yang terdiri dari siswa laki-laki  15 dan siswa perempuan 11 siswa Ngadirejo Kec. Pogalan Kab. Trenggalek  2017/2018. Hasil penelitian siswa, Pada akhir siklus I  siswa tuntas mencapai 22 siswa (85%). Pada siklus II siswa tuntas mencapai 24 siswa (92%).  Kenaikan atau peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke sisklus II pertemuan  sebanyak 7%. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada  siklus I adalah 80. Pada siklus II sebesar 84. Terjadi peningkatan sebesar 4 poin.

Article Details

How to Cite
WINARTI, Asih. Model Pembelajaran Think Talk Write Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 232-238, july 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/56>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.56.
Section
Articles