Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD

Main Article Content

Sukesi Sukesi

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran yang diberikan mulai SD/MI mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, dan generalisasi yang berkaitan dengan fenomena alam serta kehidupan makhluk. Tujuan penelitian mengetahui gambaran objektif tentang peningkatan hasil belajar IPS dengan metode Numbered Head Together pada Siswa Kelas VI Semester II di SDN 4 Bendorejo  Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 4 Bendorejo Kecamatan Pogalan  Kabupaten Trenggalek semester  genap tahun pelajaran 2016/2017  yang berjumlah 15 siswa dengan rincian 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik analisis yang dipakai rata-rata dan persentase. Hasil analisis data yang siswa tuntas pada siklus I mencapai 7 siswa (47%), sedangkan pada siklus II mencapai 13 siswa (87%). Dengan demikian ada kenaikan tingkat ketuntasan belajar sebesar 6 siswa (40%). Nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa pada siklus I sebesar 75 Sedangkan pada siklus II naik menjadi 83. Dengan demikian nilai  rata-rata kelas naik sebesar 8. Nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa pada siklus I sebesar 75 Sedangkan pada siklus II naik menjadi 83. Dengan demikian nilai  rata-rata kelas naik sebesar 8. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS materi Kegiatan Ekspor Impor bagi siswa kelas VI semester II di SDN 4 Bendorejo  Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017.

Article Details

How to Cite
SUKESI, Sukesi. Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 225-231, july 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/55>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.55.
Section
Articles