Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Permainan Snake and Ladder (Materi Descriptive Text pada Siswa Kelas VIII MTs NU Slorok Kabupaten Blitar)

Main Article Content

Siti Rofiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi siswa dalam keterampilan berbicara pada materi Descriptive Text. Subject penelitian adalah siswa-siswi kelas VIIIA MTs NU Slorok Tahun Pelajaran 2017/2018. Peneliti menggunakan model pembelajaran Snake and Ladder. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berbicara dan angket motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dan motivasi siswa meningkat dengan menggunakan model permainan Snake and Ladder. Hasil tes pada akhir siklus menunjukkan hasil nilai rata-rata siswa 79.35 atau 75% siswa tuntas pembelajaran. Selain itu, keberhasilan penelitian juga dapat ditunjukkan dari peningkatan motivasi siswa yang dapat dilihat dari sikap siswa dalam kegiatan belajar dan hasil angket motivasi yang telah diberikan kepada siswa.

Article Details

How to Cite
ROFIAH, Siti. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Permainan Snake and Ladder. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 214-218, apr. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/53>. Date accessed: 20 june 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.53.
Section
Articles