N Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi

Main Article Content

Nira Nurwulandari Nurwulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Energi. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, dengan populasi seluruh mahasiswa PGSD semester ganjil angkatan 2017/2018 Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Sampel penelitian adalah mahasiswa PGSD C yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Energi sebesar 54,61 %. Penguasaan Konsep Mahasiswa dan Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains memiliki hubungan yang kuat dan berkontribusi positif.

Article Details

How to Cite
NURWULANDARI, Nira Nurwulandari. N Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Pokok Bahasan Energi. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 205-213, apr. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/51>. Date accessed: 20 june 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.51.
Section
Articles