Penerapan Strategi I-Care berbantuan E-Modul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Main Article Content

Yuyun Dila Saputra

Abstract

Pada pembelajaran matematika, umumnya peserta didik mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep. Penerapan strategi I-CARE berbantuan e-Modul merupakan salah satu  pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung. Strategi I-CARE terdiri dari 5 langkah, yaitu (1) I (Introduction) / Pendahuluan, (2) C (Connection) / Menghubungkan, (3) A (Application) / Penerapan , (4) R (Reflection) / Refleksi dan (5) E (extension) / Perluasan .E-modul merupakan modul digital berformat epub yang akan membantu siswa dalam memahami suatu konsep. Hasil belajar merupakan tolak ukur atau patokan yang menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam mengetahui dan memahami suatu materi pelajaran dari proses pengalaman belajarnya yang diukur dengan tes.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX I SMPN 1 Blitar yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan pembelajaran dalam proses belajar dan hasil belajar. Keberhasilan proses belajar didasarkan pada keaktifan dan respon  siswa., sedangkan keberhasilan belajar didasarkan pada hasil tes . Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (79,8),  siklus II (84,6 dan siklus III ( 88,6)

Article Details

How to Cite
SAPUTRA, Yuyun Dila. Penerapan Strategi I-Care berbantuan E-Modul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 38-44, oct. 2017. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/5>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.5.
Section
Articles