Modul Pembelajaran Project Citizen Berbasis Portofolio untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah, sehingga diperlukan bahan ajar yang membantu meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa berupa modul pembelajaran project citizen berbasis portopolio. Pengembangan modul menggunakan model 4D Thiagarajan tetapi yang digunakan hanya 3D yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Untuk tahap penyebaran tidak dilaksanakan. Sasaran uji coba produk mahasiswa prodi PPKn UNIPA Kampus Blitar angkatan 2021/2022. Instrumen data menggunakan lembar validasi, lembar observasi, tes penguasaan bahan ajar, angket respon mahasiswa dan dosen. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian (1) berdasarkan kriteria yang ditetapkan semua instrumen memenuhi kevalidan mencapai skor 2.71%. (2) kepraktisan modul dengan aspek keterlaksanaan modul mencapai skor 77,80% masuk dalam kategori baik (3) aktivitas dosen dalam pembelajaran mencapai skor 86,49% masuk dalam kategori aktif (4) aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran mencapai skor 85,76% masuk dalam kategori aktif (5) Dilihat dari aspek keefektifan modul dengan indikator ketuntasan belajar mencapai skor 91,77% dikatakan tuntas, (6) respon mahasiswa atas penggunaan modul mencapai skor 1.85% memberi respon positif. (7) Respon dosen atas penggunaan modul mencapai skor 1,89% memberi respon positif. Indikator tersebut menyatakan bahwa modul pembelajaran project citizen berbasis portopolio ini telah memenuhi syarat valid, praktis dan efektif.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.