Pengembangan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbasis Literasi di Sekolah Dasar Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi di Sekolah Dasar

Main Article Content

Vina Gayu Buana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model pembelajaran Teams Games Tournaments berbasis literasi untuk siswa kelas III. Model pembelajaran ini akan dikembangkan secara lebih operasional sehingga mudah diimplementasikan di sekolah dasar. Produk yang dikembangkan yaitu perangkat pembelajaran dengan sintaks model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbasis literasi. Model pembelajaran yang dikembangkan merupakan modifikasi model pembelajaran TGT yang diinternalisasikan dengan literasi. Berdasarkan hasil ujicoba baik dari hasil validasi, dan hasil uji coba lapangan diperoleh hasil bahwa penilaian validasi diperoleh 90,91%, penilaian uji coba skala kecil diperoleh nilai 82,5% dan penilaian uji coba lapangan diperoleh hasil 92,5%. Berdasarkan konversi penilaian tersebut menunjukkan bahwa produk model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis literasi sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Article Details

How to Cite
BUANA, Vina Gayu. Pengembangan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbasis Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 157-163, apr. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/44>. Date accessed: 14 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.44.
Section
Articles