Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mengolah Makanan Indonesia melalui Model Berbasis Proyek (Project Basic Learning ) pada Siswa XI JB 3 SMK Negeri 3 Blitar

  • Susilowati Susilowati SMK Negeri 03 Blitar

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif  yaitu pendekatan yang di dalam usulan penelitian, proses, hipotesis, turun ke lapangan, analisis data dan kesimpulan data sampai pada penulisannya menggunakan aspek pengukuran, perhitungan, rumus, dan kepastian data numerik.  Tempat penelitian SMK Negeri 3 Blitar, alamat Jl. Sudanco Supriyadi no. 24 Blitar, telephone (0342) 801621. Subyek penelitian siswa kelas XI Jasa Boga 1, Semester 1, tahun pelajaran 2017/2018.  Jumlah siswa 31 orang perempuan, kurikulum 13 (K13). Dari hasil penilitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat kemudian dilanjutkan siklus II, pada siklus II pun hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang signifikan sehingga siklus III tidak dilakukan tindakan kelas. Artinya bahwa penelitian tindakan kelas materi mengolah hidangan dari unggas yang telah direncanakan dan dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Projeck Basic Learning di kelas XI Jasa Boga 3 semester I tahun pelajaran 2016/2017 di SMK Negeri 3 Blitar.  Sehingga model Projeck Basic Learning dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI materi Mengolah hidangan dari unggas di SMK Negeri 3 Blitar.

Published
2021-10-31
How to Cite
SUSILOWATI, Susilowati. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mengolah Makanan Indonesia melalui Model Berbasis Proyek (Project Basic Learning ) pada Siswa XI JB 3 SMK Negeri 3 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 631-643, oct. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/438>. Date accessed: 18 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.438.