Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan Permainan Balap Sepeda untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIA 5 SMAN 1 Kesamben

  • Prawoto Prawoto SMAN 1 Kesamben, Kab. Blitar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas XI MIA 5 SMAN 1 Kesamben kabupaten Blitar pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan pembelajaran dengan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan permainan balap sepeda pada Ms. Powerpoint pada pokok bahasan Limit Fungsi. Model pembelajaran AIR dengan siswa menyimak masalah, mengemukakan, menanggapi, serta mempresentasikan jawaban pada tahap auditory. Kegiatan siswa untuk mengkonstruksi, memecahkan masalah dan menerapkan konsep materi yang dipelajari pada tahap intellectually. Siswa mengerjakan latihan soal merupakan kegiatan pada tahap repetition. Langkah-langkah sebagai berikut: (1) Guru mengingatkan materi prasyarat limit fungsi, (2) Guru memberi motivasi, (3) Guru menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan siswa, (4) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4-5 siswa berkemampuan heterogen, (5) Guru membagikan LKS, (6) Guru menjelaskan masalah yang ada di LKS, (7) Siswa berdiskusi dan mengerjakan LKS secara berkelompok, (8) Guru membimbing dan mengarahkan kelompok dalam mengerjakan LKS, sehingga dapat menemukan konsep limit fungsi. (9) Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, (10) Guru menjelaskan dan memantapkan hasil presentasi siswa, (11) Guru menjelaskan aturan permainan balap sepeda, (12) Guru memberikan permainan balap sepeda, (13) Guru membantu siswa menyimpulkan kelompok pemenang, dan (14) Guru membantu siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari (Shoimin, Aris. 2014).

Published
2021-10-31
How to Cite
PRAWOTO, Prawoto. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan Permainan Balap Sepeda untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIA 5 SMAN 1 Kesamben. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 655-663, oct. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/435>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.435.