Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk menigkatkan Hasil Belajar Mengolah Hidangan Fussion Food Pada Siswa XII Tata Boga 1 SMKN 3 Blitar

  • Maftukah Qolbijatin SMKN 3 BLitar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model demonstrasi pada mata pelajaran Mengolah Hidangan Fusion Food dan melihat adakah peningkatan hasil belajar setelah diterapkan metode tersebut. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XII Tata Boga SMKN 3 Blitar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan nilai yaitu siklus I yaitu  meningkat 14 % , kemudian dilanjutkan siklus II yaitu mengolah hidangan fussion food menunjukkan adanya  peningkatan hasil belajar siswa sebesar 6%. Pelaksanaan model Demonstrasi persentase keaktifan guru adalah 82%, sesuai dengan kriteria keberasilan keterlaksanaan pembelajaran adalah kualifikasi sangat baik dan tingkat keberhasilan dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian, model Demontrasi dapat dipergunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di SMK Negeri 3 Blitar.

Published
2021-10-31
How to Cite
QOLBIJATIN, Maftukah. Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk menigkatkan Hasil Belajar Mengolah Hidangan Fussion Food Pada Siswa XII Tata Boga 1 SMKN 3 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 623-630, oct. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/433>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.433.