Peningkatan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Siswa Kelas XI SMAN 1 Blitar Pada Mapel Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Klos

Main Article Content

Titik Mahanani

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan menggunakan metode klos siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blitar. Penelitian tindakan kelas ini mengambil setting di SMA Negeri 1 Blitar kelas XI, dengan jumlah siswa 34 siswa. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui tiga siklus. Hasil penelitian pada siklus l tingkat keterbacaannya masih rendah, karena kecepatan efektif membaca rata-rata 87 kpm dengan tingkat Independen 18% tingkat instruktional 38% dan pada frustasi 44%. Pada siklus II hasil penelitian mengalami perubahan positif yaitu kecepatan efektif membaca rata-rata 150 kpm dengan tingkat Independen 78% tingkat Instruksional 18%, dan tingkat frustasi 4%. Hasil penelitian pada siklus III mengalami pemantapan yaitu rata-rata Kecepatan Efektif Membaca (KEM) 210 kpm dengan tingkat independen 100%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode klos dapat meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa.

Article Details

How to Cite
MAHANANI, Titik. Peningkatan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Siswa Kelas XI SMAN 1 Blitar Pada Mapel Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Klos. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 150-156, apr. 2018. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/43>. Date accessed: 20 june 2018. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.43.
Section
Articles