Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Hidangan untuk Kesempatan Khusus dan Fusion Food dengan Media Jobshet pada Siswa XII JB 5 SMK Negeri 3 Blitar

  • Eva Srihartiyani SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 BLITAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh dan hasil belajar Hidangan untuk kesempatan khusus dan fusion food dengan menggunakan media jobsheet antara kelas eksperimen dan kontrol pada mata pelajaran Produktif Tata Boga di SMK N 3 Blitar. Metode penelitian ini dilaksanakan dengan desain quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif, pendekatan kuantitatif adalah metode penelitian yang berdasarkan filsafat positivism. Digunakan untuk meneliti pada populasi/ sampel tertentu, teknik sampling yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument untuk mengukur prestasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Hasil belajar Hidangan  untuk kesempatan khusus dan fusion food antara kelas eksperimen dan kontrol yaitu kelas eksperimen dari 16 siswa yang telah melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 100%. Sedangkan pada kelas kontrol dari 16  siswa, hanya 14 siswa yang melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 87,5%. Dengan demikian pada kelas eksperimen nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Ada pengaruh media jobsheet  hidanagan untuk kesempatan khusus dan fusison food  terhadap hasil belajar  antara kelas    eksperimen dan kontrol. Hal ini terlihat dari hasil analisis     diketahui bahwa rerata atau             mean kelas eksperimen 88,3856.

Published
2021-11-07
How to Cite
SRIHARTIYANI, Eva. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Hidangan untuk Kesempatan Khusus dan Fusion Food dengan Media Jobshet pada Siswa XII JB 5 SMK Negeri 3 Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 606-611, nov. 2021. ISSN 2598-2877. Available at: <http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/423>. Date accessed: 18 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i4.423.